Jumat, 24 September 2010

Selamat Datang Adik-Adikku, di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Tiga buah motor bergerombol dihadapan saya, semuanya tampak masih baru. Dengan tawa dan obrolan ringan para penumpang. Wajah mahasiswa baru. Masih fresh, terlihat SMA, dengan aura percaya diri yang luar biasa. Saya tersenyum melihat mereka. Persis seperti saya dan teman-teman dahulu, saat menginjaki hari di awal masa perkuliahan . Terus terang, saya senang menginjaki dunia perkuliahan yang terkesan lebih menantang! Saya benar-benar merasakan hal itu. Tantangan.

Pikiran saya tiba-tiba menjadi resah. Ada kekhawatiran yang timbul jika senyum-senyum itu lenyap sebelum waktunya. Sebelum lulus dari masa kuliah dan kembali ke kampung halaman mereka. Kembali pada keluarga yang menantinya di rumah. Kembali pada orang tua yang telah memfasilitasi masa perkuliahan mereka.

Take care sist…
Saya menghela nafas. Saya hanya bisa berpesan pada angin. Tolong jaga mereka. Jaga adik-adik saya yang masih hijau dalam menjalani titian ini. Tetapkan niat tulus mereka untuk mencari ilmu. Bertahan di perantauan mencari ilmu. Tetaplah pada semangat kalian, pada jiwa eksplorasi yang tinggi hingga menerjang batas kewajaran.

Keep pray to your God… Your Guard…
Jangan lupa sembahyang. Jangan lupa pada Tuhan yang senantiasa memperhatikan kalian. Meski orang tua kalian jauh dari pandangan mata, tapi doa mereka selalu dipanjatkan setiap malam, menitipkan kalian pada Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
Jangan takut, jangan menangis, dan jangan khawatir. Jika ada satu yang menghalangi dan mengganggu langkah kalian. Itulah cobaan. Yang tidak datang hanya dalam sekali waktu. Namun datang berkali-kali hingga kalian terjatuh pada jurang kesesatan dan keputusasaan. Jangan takut untuk tegak berdiri diatas integritas kalian. Kalian tidak sendiri. Masih banyak jalan dan orang lain yang selalu siap berdiri disamping kalian.

Selamat datang di kampus yang LUAR BIASA.
Saya katakan kampus ini luar biasa. Kalian datang pada tempat yang tepat. Tempat mencari ilmu yang unik, penuh kejutan, tantangan, resiko, dan tuntutan kemandirian yang kuat. Jangan sampai kalian terjatuh dan terlena oleh buaian waktu dan atmosfir kampus bergedung kembar. Temukan hal yang luar biasa didalamnya. Kakak tidak akan mengumbarnya dalam tulisan ini.

Kakak sayang kalian. Selamat berjuang.

Tidak ada komentar: